Manusia dan Jejaring sosial

sesuai judul diatas, kali ini saya akan menjelaskan tentang manusia dan jejaring sosial. sebenarnya perkembangan zaman dari tahun ke tahun menjadi sebuah keunikan, di era globalisasi ini manusia sangat membutuhkan jejaring sosial. untuk jejaringsosial ini sebenarnya membuat manusia "kurang manusiawi" seperti dilansir oleh HMINEWS bahwa Seorang akademisi Amerika Serikat mengklaim situs jejaring sosial membuat kita kurang manusiawi. Pasalnya, menurut seorang sosiolog terkenal cara orang-orang berkomunikasi online melalui jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook bisa dilihat sebagai bentuk modern kegilaan.

"Perilaku yang sudah jadi tipikal bisa saja menunjukkan masalah yang dulu kita anggap sebagai penyakit," tulis Sherry Turkle, seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology, dalam buku barunya Alone Together. Sherry menjelaskan bahwa orang menjadi terisolasi dari realitas karena situs jejaring sosial dan teknologi mendominasi kita dan membuat kita "kurang manusiawi."

Dalam ilusi bahwa kita sedang berkomunikasi lebih baik, teknologi sebenarnya menjauhkan kita dari interaksi nyata manusia lewat cyber reality yang merupakan imitasi buruk dari dunia nyata. Peringatan yang dia berikan dan dari cyber sceptis lainnya, menyusul kematian dari Simone Back, seorang perempuan asal Inggris yang mem-posting pesan bunuh diri di Facebook yang dilihat oleh lebih dari 1.000 teman-temannya. Buku Turkle sudah menciptakan perhatian penting di Amerika Serikat lewat karya sebelumnya yaitu The Second Self and Life on the Screen.

untuk itu bisa diberi kesimpulan bahwa jejaring sosial juga dapat membuat manusia terisolasi dari dunia luar. jadi pergunakan lah jejaring sosial seperlunya, jangan terlalu berlebihan karena lebih baik bersosialisasi di dunia yang nyata dari pada dunia maya karena itu hanya bersifat sementara.

sumber :
http://hminews.com/news/jejaring-sosial-membuat-manusia-kurang-manusiawi/